Friday 4 September 2020

MEWARTAKAN KABAR BAIK DI TENGAH KRISIS IMAN DAN IDENTITAS

 Hari Minggu Biasa XXIII: 

(6 September 2020)




Pada bulan September ini Gereja Katolik Indonesia merayakan Bulan Kitab Suci Nasional. Tema yang diangkat adalah: “Mewartakan kabar baik di tengah krisis iman dan identitas.Memang ada banyak krisis di zaman sekarang ini, apalagi di masa pandemi covid-19 ini. Namun, dengan tema ini kita mau berfokus pada dua jenis krisis ini, yaitu iman dan identitas. Kedua krisis ini saling berkaitan satu sama lain. Krisis iman bisa saja disebabkan oleh krisis identitas, demikian pula sebaliknya. Maka, sabda Tuhan pada hari ini mengajak kita semua untuk menemukan kembali identitas kita sebagai murid-murid Kristus, agar iman kita tidak mengalami krisis.

 

Dalam Bacaan Kedua Rasul Paulus dengan jelas mengungkapkan identitas kita sebagai murid Kristus. Ia mengatakan, “…segala firman lain mana pun juga sudah tersimpul dalam firman ini: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Cinta kasih menjadi identitas kita sebagai murid Kristus, karena cinta kasih merupakan hukum yang paling pertama dan utama, yang diajarkan oleh Yesus kepada kita. Segala sesuatu yang kita lakukan harus bersumber pada cinta kasih, dilakukan karena cinta kasih, dan demi cinta kasih, baik kepada Allah maupun kepada sesama.

 

Sebenarnya cinta kasih itu sudah diajarkan oleh Allah sejak dahulu kala, baik dalam kesepuluh perintah Allah, maupun dalam setiap sabda-Nya yang disampaikan melalui para nabi. Dalam Bacaan Pertama tadi, Allah bersabda kepada Nabi Yehezkiel, supaya ia menegur umat Israel yang berbuat jahat. Entah mereka mau mendengarkan atau tidak, yang penting dia harus menegur mereka yang berbuat jahat, karena jika dia tidak menegurnya, dan orang itu tetap berbuat jahat, maka ia harus menanggung akibat dari kejahatannya. Tetapi jika ia sudah menegur mereka, dan walaupun mereka tetap berbuat jahat, dia tidak akan menanggung akibat dari kejahatan itu.

 

Melalui firman ini Allah menghendaki agar kita peduli dengan sesama kita. Kita memiliki tanggung jawab untuk menegur sesama kita yang berbuat salah, yang melakukan dosa dan kejahatan. Seringkali kita tidak mau menegur sesama, karena mungkin merasa tidak enak, sungkan, takut, atau berpikiran ‘ah... nanti dia juga tidak mau mendengarkan apa yang saya katakan... lebih baik diam saja… sama saja ditegur atau tidak ditegur…’ Kita cenderung berorientasi hanya pada hasil dan keberhasilan, tetapi mengabaikan proses. Teguran yang kita berikan kepada sesama menjadi proses batiniah baginya untuk bertobat. Jika kita tidak mau menegur sesama dan membiarkan mereka tetap berbuat kejahatan dan dosa, maka kita juga telah berbuat dosa, yaitu dosa ketidak-pedulian dan dosa kelalaian terhadap sesama.

 

Mengenai teguran ini, Tuhan Yesus memberikan tips kepada kita, bagaimana cara menegur yang baik dalam Bacaan Injil tadi. Pertama-tama teguran itu bersifat pribadi: menegur di bawah 4 mata. Artinya bicarakan masalah itu secara pribadi dengan orang yang melakukan kesalahan. Jika ia masih tidak mau mendengarkan teguran yang bersifat pribadi itu, maka bawalah 2 atau 3 orang supaya membantu kita untuk menegurnya. Jika dia masih tidak mau mendengarkan teguran itu, maka bawalah perkaranya itu dalam komunitas. Mungkin dengan kehadiran banyak orang dan dukungan komunitas, orang itu bisa bertobat. Artinya, teguran itu memiliki tahapannya tersendiri, mulai dari yang bersifat pribadi/ personal, lalu komuintas kecil sampai pada komunitas besar. Semua orang memiliki tanggung jawab yang sama untuk peduli kepada sesamanya yang telah berbuat salah. Inilah bentuk konkret dari cinta kasih kepada sesama, yang menjadi identitas kita sebagai murid-murid Kristus.

 

Semoga perayaan Bulan Kitab Suci Nasional tahun ini semakin menyemangati kita untuk tetap tekun membaca dan merenungkan Kitab Suci, yang menjadi sumber dari iman dan idenitas kita. St. Hieronimus mengatakan, “Tidak mengenal Kitab Suci sama saja dengan tidak mengenal Kristus!” Maka kita harus mengenal lebih dalam Kitab Suci dengan rajin membacanya secara pribadi setiap hari dan merenungkannya di dalam doa, agar sabda Tuhan itu dapat bertumbuh dan berbuah dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan hidup kita sehari-hari, sehingga dengan demikian kita dapat mewartakan kabar baik di tengah krisis iman dan identitas zaman sekarang ini.

 

“Selamat merayakan Bulan Kitab Suci Nasional.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.”

 




R.D. VINSENSIUS

Imam Diosesan Keuskupan Sanggau

1 comment:

  1. Terima kasih
    Sangatlah membantu dalam iman.

    Tuhan Yesus Memberkati 🙏

    ReplyDelete