Saturday 17 October 2020

INI AKU, UTUSLAH AKU

 

Hari Minggu Misi Ke-94: 

Hari Minggu Biasa XXIX

(18 Oktober 2020)



 

Saudara-saudari terkasih,

Hari ini kita merayakan Hari Minggu Misi Sedunia yang ke-94. Panggilan untuk bermisi pertama-tama adalah inisiatif dari Allah, muncul dari Allah dan tertuju kepada Allah, Sang Sumber Keselamatan. Dalam Bacaan Pertama, Tuhan menegaskan Misi-Nya kepada Nabi Yesaya, bahwa Ia telah memanggil dan memilih Raja Koresh, serta memberikan kemenangan kepadanya, supaya semua orang mengenal Allah yang benar, dan dapat mengalami keselamatan yang kekal dari Allah.

 

Misi Allah ini tampak secara nyata dan sempurna dalam diri Yesus Kristus, Putra-Nya. Sebagaimana telah kita dengarkan dalam Bacaan Injil, Yesus menjawab pertanyaan dari orang-orang Farisi dan Herodian, yang berusaha menjerat Dia dengan mempertentangkan urusan pemerintah dan agama, berkaitan dengan kewajiban pajak.  Namun, dengan bijaksana Yesus menjawab: “Berikanlah kepada Kaisar, apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.” (Mat. 22:21).

 

Melalui sabda ini, Yesus ingin mengatakan bahwa Misi keselamatan-nya berlaku untuk semua orang, dan semua bidang kehidupan manusia, baik agama, politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Dalam hal ini kita memiliki kewajiban untuk mematuhi aturan dari masing-masing bidang atau lembaga yang ada ini. Tidak perlu kita mempertentangkan bidang yang satu dengan yang lain, karena semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu demi kesejahteraan bersama, baik yang sifatnya jasmani maupun rohani.

 

Saudara-saudari terkasih, sesuai dengan sabda Yesus ini, maka kita harus melaksanakan kewajiban kita masing-masing sesuai bidangnya. Sebagai warga negara, kita wajib menaati undang-undang dan peraturan dari pemerintah. Misalnya saat pandemi ini, kita wajib mematuhi protokol kesehatan (3M: Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak untuk menghindari kerumunan). Sebagai warga Gereja, kita wajib menaati perintah-perintah Tuhan dan Gereja Katolik. Sebagai orang tua, kita wajib bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan anak-anak. Dan masih banyak bidang lainnya lagi yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Berhadapan dengan aneka bidang kehidupan ini, kita harus bijaksana. Jangan sampai mempertentangkan bidang yang satu dengan yang lain, seperti orang-orang Farisi dan Herodian. Hendaknya, kita bijaksana dalam mengatur semua bidang ini, agar semuanya dapat berjalan dengan baik, sehingga terpenuhilah kewajiban kita, baik kepada sesama manusia maupun kepada Allah.

 

Saudara-saudari terkasih, agar kita dapat memenuhi semua kewajiban kita dengan baik dan benar, maka kita harus memiliki semangat dasar yang benar, yaitu iman, harapan, dan kasih. Sebagaimana yang dikatakan oleh Rasul Paulus dalam Bacaan Kedua tadi, bahwa ia bersyukur akan amal iman, usaha kasih, dan ketekunan harapan dari umat di Tesalonika kepada Yesus. Semua ini bisa terjadi karena Allah yang telah memanggil dan memilih mereka untuk melaksanakan Misi-Nya di dunia ini. Maka, ketiga semangat ini harus ada dalam kehidupan kita, yaitu iman, harapan, dan kasih, agar kita dapat melaksanakan Misi Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari, demi kesejahteraan bersama dan keselamatan manusia.

 

Saudara-saudari terkasih, untuk Minggu Misi tahun ini Paus Fransiskus mengangkat tema: “Inilah Aku, Utuslah Aku.” (Yes. 6:8). Panggilan Allah harus ditanggapi dengan jawaban yang positif. Bacaan pertama hari ini berbicara tentang panggilan itu, sedangkan bacaan kedua dan Injil berbicara tentang tangapan atas panggilan Allah melalui perbuatan iman, harapan, dan kasih yang harus kita wujudkan dalam kehidupan berbangsa dan menggereja. Maka sebagai penutup dari renungan hari ini, saya akan mengutip sedikit dari pesan Paus Fransiskus pada hari Minggu Misi ini, yang dapat menjadi bahan permenungan kita bersama dalam merayakan Hari Minggu Misi yang ke-94:  

 

Misi adalah tanggapan bebas dan sadar atas panggilan Allah. Tetapi kita melihat panggilan ini hanya ketika kita memiliki hubungan cinta yang personal dengan Yesus yang hadir di dalam Gereja-Nya. ... Keterbukaan batin ini esensial jika kita akan mengatakan pada Allah: “Ini aku, Tuhan, utuslah aku!” (bdk. Yes. 6:8).

Memahami apa yang disampaikan Allah kepada kita pada masa pandemi ini juga menunjukkan tantangan bagi misi Gereja. Keadaan sakit, penderitaan, ketakutan dan isolasi menantang kita. Kemiskinan mereka yang meninggal dalam kesendirian, yang tertelantarkan, mereka yang telah kehilangan pekerjaan dan pendapatan, yang tanpa tempat tinggal dan mereka yang kekurangan makanan menantang kita. Dipaksa untuk menjalankan sosial distancing dan untuk tinggal di rumah mengundang kita untuk menemukan kembali bahwa kita membutuhkan hubungan sosial seperti juga hubungan bersama kita dengan Tuhan. ...situasi ini hendaknya membuat kita lebih memberi perhatian pada cara kita berelasi dengan orang lain. Dan doa, di mana Allah menjamah dan menggerakkan hati kita, hendaknya membuat kita lebih terbuka pada kebutuhan saudara dan saudari kita untuk keluhuran martabat dan kebebasan, dan juga tanggung jawab kita terhadap pemeliharaan keutuhan ciptaan. Ketidakmungkinan berkumpul sebagai Gereja untuk merayakan Ekaristi telah mengantar kita untuk membagikan pengalaman banyak komunitas Kristen yang tidak dapat merayakan Misa setiap hari Minggu. Dalam semua hal ini, pertanyaan Allah: “Siapa yang hendak Kuutus?” ditujukan sekali lagi kepada kita dan menunggu jawaban yang murah hati dan meyakinkan: “Ini aku, utuslah aku!” (Yes. 6:8).

Semoga Santa Perawan Maria, Bintang Evangelisasi dan Penghibur yang menderita, murid-murid yang diutus Yesus Putra-Nya, terus menjadi pengantara kita dan menopang kita.

 

Roma, Basilika Santo Yohanes Lateran

Pada Hari Raya Pentakosta

31 Mei 2020

Paus Fransiskus


R.D. VINSENSIUS

Imam Diosesan Keuskupan Sanggau

No comments:

Post a Comment