Tuesday 9 August 2016

LD 2. (Efesus 5:1-21)

Hidup Sebagai Anak Terang
baca ayat di sini

Ayat yang berkesan
 5:8 Memang dahulu z  kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan.

Sabda Tuhan Bagi Saya
Sesungguhnya TUHAN mengetahui latar belakang semua orang, tiada yang tersembunyi bagi NYA, dan setiap perbuatan akan menuai hasilnya, satu harapan yang diinginkan oleh TUHAN, agar kita bisa menjadi orang-orang yang penurut (bagi sabda NYA) jangan sampai kita terlarut dalam kecemaran. Dengan tegas TUHAN bersabda,  dalam ayat yang kelima bahwa tidak ada orang sandal, cemar dan serakah artinya menyembah berhala yang mendapat bagian dalam kerajaan Kristus dan Allah.





Tanggapan Saya
Kita selaku manusia yang merupakan makhluk ciptaan TUHAN yang paling sempurna, tentu telah mengetahui yang mana yang tergolong perbuatan baik dan yang mana yang tergolong perbuatan jahat, Dalam bacaan ini kita dikelompokkan dalam dua kelompok, yakni kelompok anak-anak terang dan kelompok anak-anak gelap, perlu diingat bahwa TUHAN mengetahui dengan baik kedua kelompok ini, namun yang menjadi permasalahannya kelompok mana yang berkenan dihadapkan TUHAN, dalam tanda kutip yang layak untuk mendapat kerajaan Kristus dan Allah, kita selaku manusia daging memang acap kali lemah, sehingga kita terjerumus oleh hal-hal yang sesungguhnya kosong (nol besar), bahkan dengan tegas dituliskan bahwa disebutkan pun jangan perihal percabulan, kecemaran atau keserakahan. TUHAN lebih-lebih mengharapkan agar kita bisa lebih pintar (jangan bodoh), melainkan usahakan agar kita mengerti kehendak TUHAN.

Tindakan nyata
Hindari percabulan, rupa-rupa kecemaran dan keserakahan, hindarkan diri dari kemabukan. Hendaklah kita mampu menjaga setiap ucapan agar terhindar dari kata-kata kotor, kosong atau sembrono.

No comments:

Post a Comment