Sunday 17 November 2019

Peresmian dan Pemberkatan Gereja Katolik Fransiskus Asisi Stasi Bondes

Tatakatolik.com - Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si hadir dalam peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi Stasi Bondes, Desa Pandan Sembuat, Kecamatan Tayan Hulu, Minggu (17/11/2019). Pemberkatan Gereja dilakukan oleh Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr.Julius Giulio Mencuccini, CP dan sekaligus memimpin Misa bersama.
nampak hadir pada kesempatan tersebut Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Sekcam Tayan Hulu yang sekaligus menjabat Plt Camat Tayan Hulu Bapak Drs.Manudi, Forkompimcam, Pastor Kepala Paroki John Eddi,Pr, Pastor Rekan yakni Fedelis Siagian,Pr, Plt.Kades Pandan Sembuat, Titus Linggang Hari, SE, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan masyarakat (umat) Stasi Bondes.
Iring-iringan Jalan Kaki Rombongan Uskup, Bupati dan Pastor dari Kediaman pemimpin Umat Stasi Bondes menuju gereja


Umat Stasi Bondes nampak begitu semarak dan dengan penuh kehangatan menyambut kedatangan  Uskup Sanggau dan Rombongan Bupati Sanggau. Kegiatan diawali dengan iring-iringan jalan kaki dari Kediaman Pemimpin umat Stasi Bondes, setelah itu dilaknjutkan ritual adat Dayak yakni Pancung Buluh Muda, Pembukaan Plang nama gereja, Penandatangan prasasti, Pemotongan Pita oleh Bupati Sanggau dan dilanjutkan dengan pemberkatan luar dan dalam gereja oleh Bpk.MgrJulius Giulio Mencuccini,CP.
Prosesi Pancung Buluh Muda
Usai Pembukaan Plang Nama Gereja

Penandatanganan Prasasti

Usai mengikuti misa uskup mengajak Panitia dan anak-anak untuk berfoto bersama, dengan harapan foto tersebut mampu menjadi kenangan dimasa-masa yang akan datang, sehingga anak-anak yang merupakan penerus gereja kelak mengingat kembali kenangan penuh sejarah tersebut.


Penyerahan Kunci Oleh Uskup Kepada Pemipin Umat






 






Dalam sambutannya M.Aliang selaku Ketua Panitia Peresmian dan Pemberkaan Gereja St.Fransiskus Asisi Stasi Bondes tidak lupa memaparkan penyampaikan ucapan terimakasih kepada Umat, para donatur dan Pemkab Sanggau yang sudah mau terlibat dalam hal pendanaannya, adapun dana yang diperoleh yakni dana swadaya umat sebanyak  Rp.76.994.700,-, sumbangan donatur 5.000.000,- dan dana hibah Tahap 1 Rp.80.000.000 serta dana Hibah Tahap II Rp.100.0000.000,-. sehingga jumlah dana yang diperoleh berjumlah Rp.261.994.700,-. Dan total dana yang dipergunakan untuk pebangunan gereja serta fasilitas pendukung lainnya senilai Rp.260.034.700,- belum termasuk dana untuk peresmian dan pemberkatan pada hari tersebut.

M.Aliang (Ketua Panitia Peresmian dan Pemberkatan)

Pada kesempatan tersebut, Pastor Paroki Kristus Raja Sosok P.John Eddi,Pr menuturkan adapun dana baik dari umat, donatur maupun Pemkab Sanggau membuktikan bahwa terjalinnya simpul-simpul kerjasama antara pihak Gereja dengan Pemerintah Daerah dan para donatur sehingga dapat terwujudnya bentuk pembangunan Gereja tersebut.
“Saya merasa senang dan bangga sebagai Pastor Kepala Paroki dari Tahun 2015 hingga saat ini sebanyak 4 Gereja sudah diresmikan. Setiap tahun kita mewujudkan satu Gereja di kampung dan ini merupakan suatu program dari Paroki,” tuturnya.
Pastor, John Eddi juga mengucapkan terimakasih kepada umat, para donatur serta dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang mau peduli terkait kehidupan rohani umat Katolik, sehingga dapat terwujudnya yang menjadi seven brand images dari pembangunan Kabupaten Sanggau yakni; masyarakat yang berbudaya dan beriman.
“Pesan saya bahwa kampung Bondes sudah memiliki Gereja. Setelah peresmian ini jangan sampai Gereja tinggal Gereja, dan sebagaimana kita ketahui selama ini dibeberapa kampung gereja hanya dipenuhi oleh Ibu-ibu dan anak-anak serta nenek-nenek" ujar nya.
P.John Eddi,Pr (Pastor Kepala Paroki Kristus Raja Sosok)
Dalam sela semaraknya acara ramah-tamah, Uskup Keuskupan Sanggau Mgr.Julius Giulio Mencuccini, CP menyampaikan bahwa Gereja ini merupakan Gereja yang ke-19 yang diresmikan untuk tahun 2019 ini, beliau juga menyampaikan bahwa Sejak beliau  menjadi Pastor Paroki hingga menjadi Uskup sekarang ini sudah meresmikan sebanyak 898 Gereja,.
Uskup Mgr.Julius Giulio Mencuccini, CP juga mengucapkan terimakasih kepada umat Stasi Bondes yang sudah membangun Gereja yang cukup megah ini. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan acara pisah sambut dengan umat Katolik di Stasi Bondes mengingat tidak lama lagi beliau akan emeritus dari jabatannya sebagai Uskup karena faktor Usia.
Mgr.Julius Giulio Mencuccini, CP (Uskup Sanggau)

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau, Paolus Hadi,S.Ip,M.Si menyampaikan bahwa dengan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. umat dan juga dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau sehingga Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi Stasi Bondes pada hari diresmikan.
“Pembangunan Gereja ini merupakan program dari Pemerintah Kabupaten Sanggau yang setiap tahun kita selalu untuk penguatan iman dan ketaqwaan yaitu sebagaimana yang tertuang dalam seven brand images Kabupaten Sanggau yakni berbudaya dan beriman,” sebari bergurau dan memegang daun Sabang Merah, Bupati yang terkenal dengan lantunan lagu Doleng Donado menanggapi masih defisiynya dana Panitia setelah dikalkulasi dengan acara peresmian pada hari tersebut. "Saya pikir saya diundang disini datang cuma makan ja' tapi ternyata masih masih  sumbangan (GURAU JAX)". ujarnya. Suasana hati yang riang dan bangga nampak dari raut wajah orang nomor 1 di Kabupaten Sanggau tersebut.  “Terimakasih kepada masyarakat Dusun Bondes, kalian hebat, luar biasa tentunya mudah-mudahan kedepan umat kita akan semakin baik,” ucapnya.
Paolus Hadi, S.IP, M.Si (Bupati Sanggau)


.

No comments:

Post a Comment