Wednesday 5 February 2020

PENTINGNYA PERSIAPAN MISA


(BAGIAN 1)




Perayaan Ekaristi sebagai sumber dan puncak iman kita perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, baik secara pribadi maupun bersama. Maka, datanglah ke gereja sebelum Misa dimulai. Berdoalah secara pribadi dalam keheningan di gereja untuk mempersiapkan diri dalam merayakan peristiwa yang agung dan mulia ini. Selain berdoa, kita juga dapat membaca Kitab Suci atau bacaan yang ada di teks misa, dan merenungkannya.

Masuk ke gereja berarti masuk ke dalam Rumah Tuhan. Pikiran, hati, tangan, mata, mulut, telinga, dan seluruh diri kita harus mengarah kepada Tuhan. Maka, singkirkanlah terlebih dahulu segala sesuatu yang menjadi penghalang bagi kita untuk dapat berkomunikasi dengan Allah, seperti HP (dinon-aktifkan), cerita/ curhat (ditahan dulu sampai selesai misa), dll. Dengan demikian, kita dapat sungguh-sungguh mengarahkan hati kepada Tuhan.

Secara bersama kita mempersiapkan diri dalam Misa dengan Ritus Pembuka. Tujuannya adalah mempersatukan umat yang berhimpun dan mempersiapkan mereka, supaya dapat mendengarkan sabda Allah, dan merayakan Ekaristi dengan layak.


Bdk. PUMR, 46.


RD. VINSENSIUS
Imam Diosesan Keuskupan Sanggau

No comments:

Post a Comment