Thursday 31 October 2019

KEBANGKITAN ORANG MATI


Peringatan Arwah Semua Orang Beriman: 
(Sabtu, 2 November 2019)

Oleh: Pastor Vinsensius, Pr.




Saudara-saudari terkasih, kematian bukanlah akhir dari segala-galanya, kita percaya, bahwa dengan kematian di dunia, maka terbukalah tabir kehidupan baru di surga. Hidup bukannya dilenyapkan, tetapi hanyalah diubah dari hidup yang fana menjadi hidup yang baka, abadi, dan kekal. Namun, untuk memasuki kehidupan yang kekal ini bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi butuh perjuangan, usaha, dan pengorbanan sepanjang hidup. Dan bagi mereka yang sudah meninggal dunia dan masih berada di api penyucian, membutuhkan doa-doa dari kita yang masih hidup di dunia ini, agar mereka dibebaskan dari segala dosa dan hukuman akibat dosa, sehingga mereka layak untuk memasuki kehidupan yang baru dan membahagiakan bersama Allah dan Para Kudus-Nya di surga.

Dengan mendoakan orang yang sudah meninggal dunia, kita percaya akan adanya kebangkitan orang mati, sebagaimana yang diimani oleh Yudas Makabe dalam Bacaan Pertama tadi. Meskipun Yudas Makabe hidup sebelum kelahiran Yesus, tetapi ia sudah percaya akan kebangkitan. Harapan akan kebangkitan inilah yang menjadi dasar untuk mendoakan orang-orang yang sudah meninggal dunia, sebab bagi mereka tersedia pahala yang amat indah di surga. Yudas Makabe memberikan teladan bagi kita semua untuk senantiasa berdoa bagi para arwah dan mempersembahkan kurban penebusan dosa bagi mereka.

Harapan akan kebangkitan orang mati tergenapi secara sempurna di dalam diri Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. Rasul Paulus dalam suratnya kepada umat di Korintus menegaskan, bahwa semua orang yang telah dipersatukan dengan Kristus akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus. Artinya, sama seperti Yesus yang telah mengalami kebangkitan yang mulia, orang-orang beriman yang sudah meninggal juga akan mengalami kebangkitan badan dan kehidupan yang kekal.

Iman akan kebangkitan bersumber pada sabda Tuhan Yesus sendiri, sebagaimana yang telah kita dengarkan dalam Bacaan Injil tadi. Tuhan Yesus menjanjikan kehidupan kekal dan kebangkitan badan bagi semua orang yang percaya kepada-Nya. Yesus telah turun dari surga untuk melakukan kehendak Bapa-Nya, yaitu supaya setiap orang yang percaya kepada Kristus memperoleh hidup yang kekal dan dibangkitkan pada akhir zaman.

Saudara-saudari terkasih, seraya kita menantikan dengan penuh harapan kebangkitan orang mati yang akan terjadi pada akhir zaman, marilah sekarang kita berdoa bagi arwah semua orang beriman, baik anggota keluarga kita, maupun orang lain yang membutuhkan doa-doa kita, semoga mereka semua dibersihkan dari segala noda dosa dan dibebaskan dari hukuman akibat dosa, sehingga mereka boleh memasuki kediaman abadi dan menikmati kebahagiaan kekal bersama Allah dan para kudus-Nya di surga. Mari kita juga berdoa bagi arwah-arwah yang tidak pernah didoakan oleh anggota keluarganya, semoga mereka juga boleh mengalami penebusan dosa dan menikmati keselamatan abadi di surga. Dan marilah kita persatukan semua doa-doa kita dengan kurban Kristus, yang dihadirkan kembali dalam Ekaristi Kudus ini. Semoga kurban salib Kristus ini memberikan rahmat penebusan dosa bagi jiwa-jiwa yang kita doakan pada hari ini.







No comments:

Post a Comment