Friday 7 June 2019

ROH KUDUS, SANG PENOLONG SEJATI


(Hari Raya Pentakosta: 9 Juni 2019)
[Bacaan I: Kis. 2:1-11; Bacaan Injil: Yoh. 14:15-16.23b-26]
Oleh: Pastor Vinsensius, Pr.







Saudara-saudari terkasih, pada hari ini kita merayakan Peristiwa turunnya Roh Kudus atas para Rasul. Kedatangan Roh Kudus telah dijanjikan oleh Tuhan Yesus, sebagaimana telah kita dengar dalam bacaan Injil tadi. Janji Yesus itu tergenapi pada perayaan Pentakosta, yang kisahnya sudah kita dengarkan dalam bacaan pertama tadi. Maka, marilah kita berfokus pada kedua bacaan ini untuk merenungkan peran Roh Kudus dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dalam Bacaan Injil tadi, Tuhan Yesus telah menyatakan, bahwa bukti nyata dari kasih kepada Tuhan adalah menuruti perintah-perintah Tuhan. Tuhan Yesus bersabda: “Jika kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti perintah-perintah-Ku.” Untuk dapat menuruti perintah-perintah Tuhan, maka Yesus meminta kepada Bapa, agar Ia mengutus Roh Kudus, yang akan menjadi Penolong bagi para murid-Nya, dan yang akan menyertai mereka sampai selama-lamanya. Roh Kudus itulah yang akan mengajarkan dan mengingatkan kepada para murid segala sesuatu yang telah dikatakan Tuhan Yesus kepada mereka.

Roh Kudus, yang adalah Pribadi ketiga dalam Tritunggal, adalah Allah yang satu dan sama dengan Allah, Bapa dan Putera. Dia adalah Roh Bapa dan Putra, yang disembah dan dimuliakan bersama Bapa dan Putra (bdk. KGK. 245). Roh Kudus itulah yang diutus oleh Bapa dalam nama Yesus. Dialah Penolong sejati yang akan membimbing, menuntun, dan menyertai para murid setelah Yesus naik ke surga. Kedatangan Roh Kudus menggenapi janji Yesus, bahwa Ia akan menyertai para murid-Nya hingga akhir zaman.

Kedatangan Roh Kudus tergenapi pada perayaan Pentakosta, sebagaimana yang telah kita dengarkan dalam Bacaan Pertama tadi. Kehadiran-Nya diperlambangkan melalui bunyi tiupan angin keras dan dalam rupa lidah-lidah api yang hinggap pada diri para murid. Pencurahan Roh Kudus atas diri para murid membuat mereka berani bersaksi tentang Yesus kepada semua orang yang hadir di situ. Mereka diberikan karunia untuk bisa berbicara dalam berbagai bahasa yang dapat dimengerti oleh semua orang dari berbagai suku bangsa dan bahasa. Roh Kudus yang adalah Penolong sejati bagi para murid, sungguh-sungguh menolong mereka untuk menjadi Saksi Kristus, dan membuat mereka mampu mewartakan perbuatan-perbuatan besar yang telah dilakukan oleh Allah.

Saudara-saudari terkasih, kita semua yang telah dibaptis, juga telah menerima Roh Kudus, yang menjadikan kita anak-anak Allah. Roh Kudus itu senantiasa membimbing kita, agar kita tetap setia dalam iman kepada Yesus. Karunia-karunia Roh Kudus secara istimewa dicurahkan kepada kita ketika kita menerima Sakramen Krisma. Melalui Sakramen Krisma ini kita dikuatkan dan didewasakan secara iman, sekaligus diutus untuk menjadi Saksi Kristus di tengah-tengah kehidupan ini.

Maka, marilah kita senantiasa membuka hati kita kepada Roh Kudus, yang selalu membimbing dan menolong kita, yang selalu mengajarkan kepada kita tentang Ajaran yang telah diberikan oleh Tuhan Yesus kepada kita. Mari kita mohon kepada Roh Kudus, agar kita semakin mencintai Yesus, sehingga kita sanggup untuk menuruti segala perintah Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari.

No comments:

Post a Comment