Friday 1 March 2019

MEMAHAMI SAKRAMEN BAPTIS (4 of 8)

Oleh: Pastor Vinsensius, Pr.


BAPTIS BAYI




Gereja mengajarkan bahwa anak-anak yang lahir dari keluarga Katolik harus segera dibaptis pada minggu-minggu pertama setelah kelahirannya, supaya mereka memperoleh rahmat menjadi anak Allah.  Ada baiknya jika sebelum upacara pembaptisan ada pembekalan singkat untuk para orang tua calon baptis. Dalam pembekalan ini dapat dijelaskan pula pentingnya nama baptis, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, dan juga tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak-anak secara Katolik. 


Syarat administratif yang diperlukan untuk Pembaptisan bayi adalah mendaftarkan diri ke kantor paroki dengan membawa Buku Keluarga atau Surat Kawin orang tuanya (jika ia berasal dari keluarga Katolik),  fotocopy Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran (kalau sudah ada).  


Sama halnya dengan pembaptisan dewasa, pembaptisan bayi pun harus dicatat dalam Buku Baptis (Liber Baptizatorum), Kartu Tik, dan Buku Keluarga (apabila ia berasal dari keluarga Katolik). Sesudah pembaptisan anaknya, orang tua harus segera mengurus Kartu Baptis. Kartu Baptis ini berguna seperti KTP, yaitu sebagai kartu identitas orang Katolik. Kartu ini berguna untuk mengurus Surat Baptis atau Buku Keluarga.  


Bersambung............


[1]    [2]    [3]    [5]    [6]    [7]    [8]   


No comments:

Post a Comment