Wednesday 15 August 2018

PELANTIKAN MISDINAR ST. TARSISIUS PAROKI KRISTUS RAJA SOSOK PERIODE 2018-2019


Suasana penuh hikmat begitu terasa mengawali Misa Pelantikan Misdinar St. Tarsisius, Paroki Kristus Raja Sosok. Semua anggota Misdinar berarak dari luar gereja menuju ke dalam gereja. Musik instrumental mengiringi pembacaan Riwayat Hidup St. Tarsisius, Martir dan Pelindung Misdinar. Bertepatan pula pada hari ini (15 Agustus 2018) merupakan Peringatan St. Tarsisius yang telah rela mengorbankan nyawanya demi mempertahankan Sakramen Mahakudus dari serangan orang-orang jahat. Dalam perarakan ini juga dibawa Foto St. Tarsisius dan Bendera Misdinar Paroki Sosok.
Para Pengurus Misdinar Periode 2018-2019


Adapun jumlah Misdinar yang dilantik berjumlah 62 orang. Mereka berasal dari berbagai kring dan stasi yang ada di Paroki Kristus Raja, Sosok. Bahkan ada yang dari luar Paroki Sosok, karena mereka tinggal di Asrama St. Anggela, yang dikelola oleh Paroki Sosok. Dari 62 orang anggota Misdinar ini, ada 6 orang Pengurus inti yang pada Misa Pelantikan ini bertugas sebagai Pelayan Altar, dan 7 orang koordinator seksi yang juga mengambil bagian dalam tugas lektor, pemazmur, dan doa umat. Sedangkan koor dibawakan oleh semua anggota Misdinar.

Dalam homily pelantikan ini, P. Vinsen, Pr selaku Pembina Misdinar mengingatkan para Misdinar untuk senantiasa menghidupi spitualitas Misdinar, dan waspada terhadap pirus Misdinar, terutama Ramai/ Ribut, yang sering mengganggu ketertiban dalam setiap pertemuan. Dan satu hal lagi, jangan PHP-in Tuhan! “Kalian berjanji bukan kepada pastor atau umat saja, tetapi terutama kepada Tuhan Yesus”, demikian ditegaskan oleh P. Vinsen, Pr.








Upacara Pelantikan dimulai setelah homily dari imam. Semua anggota Misdinar maju dan berdiri di depan Altar. Imam menanyakan kesediaan mereka untuk menghidupi spiritualitas Misdinar dan kesediaannya untuk dilantik menjadi Misdinar. Di hadapan imam para Misdinar ini mengucapkan Janji Misdinar. Setelah itu imam mendoakan para Misdinar ini, dan memberkati mereka. Dengan ini, para Misdinar telah diterima secara resmi menjadi Pelayan Altar dalam Liturgi Gereja Katolik Roma.

Tepuk tangan meriah dan bergemuruh mengiringi penutupan upacara pelantikan, setelah imam menyatakan bahwa para Misdinar ini sudah diterima dengan resmi menjadi Pelayan Altar dalam Gereja Katolik. Wajah riang dan gembira juga tampak pada umat yang hadir dalam Misa ini. Segera setelah upacara pelantikan, para Misdinar langsung mempersembahkan lagu Mars Misdinar Paroki Sosok sebagai ungkapan syukur mereka kepada Tuhan yang telah memanggil mereka menjadi putra-putri Altar.

Setelah Liturgi Ekaristi berakhir, dimulailah Pembacaan Surat Penugasan bagi para Pengurus Misdinar Periode 2018-2019. Dengan adanya SK ini, para Misdinar diharapkan dapat lebih serius dalam menjalankan tugas pelayanannya, bukan sekedar ikut-ikutan saja atau main-main saja. SK ini juga menjadi kenang-kenangan yang indah bagi mereka sebagai Pengurus Misdinar yang mengabdikan diri bagi Tuhan dan Gereja. Proficiat untuk para Misdinar St. Tarsisius, Paroki Kristus Raja Sosok. Semoga semakin bersemangat dalam melayani Tuhan dan Gereja.





Misdinar Paroki Sosok Periode 2018-2019






No comments:

Post a Comment