Monday 20 August 2018

Rapat 1 : Pembuatan Program Kerja DPP


Pada malam ini, Senin, 20  Agustus 2018, telah diadakan Rapat Kerja Dewan Pastoral Paroki yang pertama, yang mana dalam kesempatan ini ketiga Pastor yang bertugas di Paroki Kristus Raja Sosok ikut hadir dan memberikan sumbangsih pemikiran untuk program kerja DPP selama tiga tahun tersebut.

Program Kerja yang disampaikan masing-masing Seksi

     I.   Seksi Liturgi (Rupina Ase,S.Pd)
  1. Membuat Daftar Petugas Liturgi setiap Hari Minggu (berkenaan dengan membersihkan gereja, lektor, dll).
  2. Mengadakan Misa Pelajar Awal Tahun Pelajaran dan Tutup Tahun Pelajaran)
  3.  Ketika ada perayaan hari raya akan diadakan Kepanitiaan dengan berkoordinasi dengan Pastor.
  4.  Misa Imlek akan kami masukan dalam Program
  5. Mempersiapkan pembinaan Lektor, Mazmur dan Koor.
  6.  Membagi petugas koor sehingga setiap Kring bisa terlibat, sehingga walaupun dalam suasana minggu biasa bisa terasa lebih meriah.
  7. Mengadakan pertemuan dengan Ketua Kring (diutamakan yang dalam kota) untuk bersosialisai mengenai lektor.
  8. Menentukan wilayah Sentral untuk perayaan tertentu.
  9. Terlibat dan bekerjasama dengan Seksi bina Iman Umat
  10. Terlibat dalam kegiatan pemberkatan Pernikahan.
  11. Mencoba mengaktifkan kembali Kring untuk terlibat dalam misa sore.
Tanggapan :
  •  Albina Nilus Anselmus : Berkenaan dengan Point 10 kami dari WKRI menyambut baik.
  • Pastor John Eddi,Pr : Selama ini petugas liturgi dibuat oleh Kantor Paroki, karena kita sudah diaktifkan kembali dimohon kepada Seksi Liturgi untuk mempersiapkan petugasnya dan menyerahkannya kepada Pihak Kantor Paroki. Berkenaan dengan point 11 hal ini kami lakukan karena untuk membiasakan anak-anak Asrama untuk tampil di depan umat, namun kita bisa mencoba jika hal tersebut merupakan terobosan baru yang terbaik.
  • Pastor Fidelis Siagian,Pr : Berkenaan dengan bina Iman Umat mohon diadakan secara rutin minimal 3 bulan.
  •  Anselmus,S.Pd : berkenaan dengan misa pelajar kami sangat mendukung program tersebut, dan diharapkan kita terlibat langsung dalam kegiatan tersebut, dan berkenaan dengan Pembentukan kepanitiaan juga kami sangat setuju.

 II.  Seksi Bina Iman Umat (Agustinawati)
  1.  Mengadakan Kegiatan Pertemuan Pemimpin Umat 1 Kali pertahun, sebelum Perayaan HUT Paroki (Bulan November), dan berakhir saat Perayaan  HUT Paroki.
  2. Baptis dewasa dan komuni Pertama (sebelum menjelang perayaan Tubuh dan Darah Kristus & Saat Adven dan pelaksanaannya saat Natal kedua). Dan dikampung-kampung juga dilaksanakan hal yang sama dengan berkoordinasi dengan Pemimpin umat.
  3. Nikah Rehab dan Kursus Perkawinan, kegiatan tersebut juga akan diadakan dikampung-kampung yang akan disentralkan di salah satu stasi.
  4. Kunjungan ke kampung-kampung 1 bulan 1 kali, yang terdiri dari beberapa kelompok dimulai bulan September.
  5. Pembinaan bagi para Pembina / pengajar sekolah Minggu (Bulan Juni).

Tanggapan :
  • Pastor John Eddi,Pr : berkenaan dengan Program Pertemuan Pemimpin Umat boleh kita coba, berkenaan dengan Nikah Rehab, Komuni Pertama dan lain sebagainya mohon diumumkan minimal satu bulan sebelumnya dan dilakukan berkali-kali.
  • Pastor Fidelis Siagian,Pr : (1). bagaimana nasib PERPARANI ?, bagaimana jika buat kegiatan Pesparani tersebut, sebab sesungguhnya ........... jika tidak direspon oleh Pihak Kecamatan (Pemerintah) kita anggap saja kegiatan tersebut kegiatan Paroki, misalnya kita buat kegiatan perlombaan : Dirigen, Mazmur, Koor. (2).Bagaimana upaya kita untuk mengadakan / mewacanakan SERMON (sesi pertemuan para majelis gereja atau parhalado).
  • Pastor Vinsensius,Pr : (1).Berkenaan dengan Baptis dewasa, apakah hal tersebut termasuk dalam Katekumen?, jika iya maka kita perlu adakan Pertemuan-pertemuan. (2). Berkenaan dengan pembuatan Program alangkah lebih baik kita paparkan waktu, tujuan, tempat, sasaran, indikator keberhasilan.
  • H.Lomon : Sebenarnya kita memiliki program Kerja Rekoleksi Untuk Umat  secara umum dan Pelajar.namun kita tidak masukkan dalam program kerja secara tertulis, tetapi kita tetap akan singgung kegiatan tersebut sambil melihat respon umat.

III.    Seksi Kepemudaan
  1. Terlibat dalam Kegiatan OMK
  2. Terlibat dalam Kegiatan KWI
  3. Mengadakan Kegiatan Olah raga saat Natal, Ultah WKRI maupun Ultah Paroki.
  4. Kegiatan Pemuda seperti Baksos, EKM, Saat Lebaran kita akan adakan Camping Rohani.
  5. Bersinergi dengan seluruh elemen DPP berkenaan dengan kegiatan Kepemudaan.
Tanggapan :
  • Pastor Fidelis Siagian,Pr : yang saya bayangkan berkenaan dengan kepemudaan lebih menitik beratkan kepada entrepreneurship (berwirausaha). Hal ini sudah diterapkan oleh Yayasan Prima Unggul.  Bagaimana kita bisa membentuk pemuda untuk memiliki karakter berwirausaha.
  • H.Lomon : (1).Berkenaan dengan entrepreneurship kami sangat mendukung hal tersebut, terutama seperti hal atau kegiatan yang sudah dilakukan oleh P.Fidelis Siagian,Pr. (2). Ada kerinduan kepada anak-anak yang memiliki keterampilan berkenaan dengan seni budaya dan keterampilan, agar bisa dibina dan bagaimana hal tersebut bisa diintegrasikan dengan gereja.

IV.   Seksi Humas (Aquino Thomas, A.Md.Kep)
  1. Menjadi perwakilan gereja dengan lembaga lain (external) misalnya Pemerintah.
  2.  Membantu pendokumentasian kegiatan
  3. Membantu memastikan informasi yang berhubungan dengan kegiatan gereja bisa sampai kepada sasaran.
  4. Menjadi mediator dalam menghantar surat.

  V.   Seksi Peranan Wanita (Albina Nilus Anselmus)
  1. Bekerjasama dengan wakil Ketua dan seksi Pembinaan Umat dalam pelaksanaan kaum ibu baik di tingkat Paroki maupun Kampung
  2. Bekerja sama dengan WKRI, Komunitas Kerahiman Ilahi dan P2D merencanakan Perlombaan Memasak.
  3.  Menata taman lingkungan gereja bekerjasama dengan
  4.  Mengkoordinir konsumsi di tingkat Paroki
  5. Menangani program sosial untuk lansia, orang cacat dan orang sakit. (Tambahan berdasarkan usulan P.Fidelis Siagian,Pr)
Tanggapan :
  •  Pastor Fidelis Siagian, Pr : Seksi ini harusnya bisa menangani lansia, orang cacat dan orang sakit apakah program ini masih di lanjutkan.
  • Albina Nilus : Terima kasih telah mengingatkan hal tersebut. Dan berkenaan dengan kegiatan PESPARANI, kami sudah menerima SK tersebut dari Bupati Sanggau.
  • Pastor John Eddi, Pr  : Berkenaan dengan PESPARANI bukan kita yang mengajukan diri kepada pihak Kecamatan, namun pihak Kecamatan yang meminta kita. Namun dalam hal ini
VI.            Seksi Perkuburan dan Pemakaman (Daud Andeh)
  1.  Membersihkan lingkungan makam dan membuat tenda untuk misa
  2. Menata tempat bagi yang meninggal.
  3. Mengharapkan ketua Kring untuk mendata warga kringnya yang meninggal. Kami sudah menyediakan buku untuk pendataan tersebut.
  4. Menangani pemakaman warga katolik dari kampung yang hendak dimakamkan di makam Katolik.
Tanggapan :
  • Pastor Fidelis Siagian,Pr : berapa luas lahan pemakaman di Dangku?
  • Pastor John Eddi,Pr : (1). berkenaan dengan pendataan orang meninggal hal ini untuk keperluan statistik warga gereja (2).Untuk tata letak makam mohon mengabaikan jika ada warga yang booking tempat.
VII. Seksi Sosial  dan Kebersihan Lingkungan Gereja serta Inventaris Gereja (Harminto).
  1. Evaluasi mengenai kebersihan lingkungan gereja (luar dan dalam gereja). Yang akan diadakan satu bulan sekali.
  2. Memelihara inventaris gereja (sound system, tenda, umbul-umbul).
  3. Membuat umbul-umbul khusus peringatan HUT RI, dan akan memasang umbul-umbul sesuai dengan perayaannya.

Tanggapan :
  • H.Lomon : Berkenaan dengan tenda seksi ini yang bertanggungjawab langsung, dan seksi ini bisa menambah anggota diluar DPP, misalnya untuk pemasangan baik kebutuhan interen maupun tatkala pemasangan saat di sewa.

VIII.  Seksi Pembangunan (F.Anyui).
  1. ...... (belum ada Program Kerja khusus, karena sebelumnya kami akan berkoordinasi dulu dengan Pastor Paroki, untuk mengetahui hal mana yang dianggap prioritas, dan hal ini berkenaan juga dengan kebutuhan dana). Namun kami mendukung program kerja Pastor Paroki misalnya pembangunan Garasi.
  2. ...... (Yayan Sami) mendukung program pembuatan Pagar
  3. Pembuatan dapur Paroki di lingkungan Katedral.
Tanggapan :
  •  Pastor John Eddi,Pr : garasi yang di maksud selain untuk menyimpan kendaraan bisa di gunakan untuk kegiatan penyajian makanan saat acara ramah tamah. Dan mengenai dananya kita himpun denan Proposal.
  • Pastor Fidelis Siagian, Pr : karena hal ini berkenaan dengan Program DPP artinya kita buka berbicara masalah pembangunan gereja Paroki saja, namun mencakup keseluruhan gereja wilayah Paroki, dengan memberikan dukungan berupa motivasi kepada gereja di kampung yang sedang membangun gerejanya.
  •  H.Lomon : (1). alangkah lebih baik kita membuat pelantar untuk mencuci di dapur aula dan membuat tapak / tangga untuk menghubungkan dapur dengan aula, (2). Berkenaan dengan pengadaan CCTV kita himpun dana seperti yang sudah dilakukan sebelumnya.
  • Dapit Dasi : Pembangunan ini apakah hanya berupa pembangunan fisik bangunan, atau ada kaitannya dengan tata lingkungan. Misalnya penggusuran lahan.
  • Pastor John Eddi,Pr : Berkenaan dengan dapur Paroki di Katedral saya sudah libatkan tukang dan pekerjaan sudah dimulai, jika ada yang berkenan membantu dipersilahkan baik berupa tenaga maupun dana.







No comments:

Post a Comment